Monday, June 27, 2016

Sewa Motor Jogja Ke Candi Prambanan





Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah berbentuk candi. Terutama di daerah jawa tengah dan Yogyakarta. Salah satu terbesar di Indonesia adalah candi prambanan. Komplek candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan hindu. Lokasi candi ini masuk ke kabupaten klaten jawa tengah dan berbatasan langsung dengan Yogyakarta. Candi ini disebut sebagai komplek seribu candi. Walaupun saat ini jumlahnya tidak ada seribu candi. Hal ini muncul dari legenda roro jonggrang dan bandung bondowoso. Sekarang kurang lebih hanya ada 240 candi saja. Untuk menuju ke candi ini, paling enak menggunakan sepeda motor dari sewa motor jogja.

Menelusuri Jejak Sejarah Hindu
Tempat wisata sejarah ini memiliki empat pintu masuk. Ini sesuai dengan arah mata angin. Pintu gerbang utama terletak di bagian timur. Candi ini dibangun sebagai persembahan untuk dewa siwa. Di ajaran hindu dewa siwa dikenal sebagai dewa penghancur. Menurut para ahli sejarah dulu komplek candi ini disebut sebagai siwaghra yang berarti rumah siwa. Karena dibuat sebagai persembahan dewa siwa, maka di candi juga terdapat panting dewa siwa. Candi yang paling tinggi atau candi induk merupakan candi siswa yang tinggi 47 meter. Candi induk ini berdiri diantara dua candi yaitu candi dewa brahma dan candi dewa wishnu. Kedua candi tersebut mempunyai tinggi 33 meter.
Ketiga komplek candi itu disebut sebagai candi trimurti. Di depan candi trimurti terdapat candi wahana yang merupakan kendaraan bagi masing-masing dewa. Angsa kendaraan dewa wishnu, nandi kendaraan dewa siswa, dan garuda kendaraan dewa brahma. Di candi prambanan juga terdapat komplek candi lainnya. Ada candi apit, candi kelir, candi perwara, dan candi patok. Semua candi-candi tersebut berdiri mengelilingi candi trimurti. Letak setiap candi tergantung kasta kehidupan manusia yang terdapat di ajaran hindu. Lapisan yang paling luar untuk sembahyang kasta sudra, lapisan kedua untuk kasta waisya, lapisa ketiga untuk kasta ksatrya dan terakhir kasta brahmana. Dengan menggunakan sepeda motor dari sewa motor jogja, anda bisa berkeliling komplek candi ini dari luar dan melihat keindahanya.

Sama seperti candi Borobudur, di candi prambanan juga terdapat relief yang menceritakan cerita Ramayana dan krisna. Relief ini berada dipagar yang mengelilingi candi trimurti. Oleh karena satu bulan sekali, pada saat bulan purnama. Di tempat ini diadakan pagelaran pementasan Ramayana. Di tempat wisata ini juga terdapat museum yang berisi bebatuan dan arca zaman dulu kala. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan disini. Anda bisa berfoto, mengelilingi candi dengan pemandangan yang indah, membeli souvenir dan masih banyak lainnya.

Rute Ke Candi Prambanan Dan Rental Sewa Motor
Anda bisa sewa motor dari rental sewa motor dari arah jogja. Dari arah jogja, anda langsung menuju ke jalan solo jogja. Berjalan kurang lebih selama 25 menit, anda akan bertemu pertigaan. Dari situ anda akan langsung melihat kemegahan candi hindu ini di sebelah kiri jalan. Untuk menuju ke tempat ini memang sangat mudah karena terletak di jalan utama jogja solo. Buka dari jam 6 pagi sampai 5 sore. Jika ingin melihat pertunjukan Ramayana, anda datang pada malam hari. Biaya masuknya 30 ribu untuk orang dewasa dan 12 ribu untuk anak-anak.

Pada hari libur tempat ini sangat ramai dengan pengunjung. Jika ingin bebas berjalan-jalan dan berfoto ria datanglah pada hari biasa atau pagi hari. Anda bisa menikmati suasana candi prambanan yang masih segar dan tidak panas. Yang paling enak memang menggunakan sepeda motor dari rental motor jogja. lebih mudah mendapatkan tempat parkir dan tidak perlu bermacet-macetan. Sekian artikel kali ini, semoga memberikan informasi bermanfaat untuk anda.

 candi prambanan merupakan komplek candi hindu yang terletak di dua provinsi yaitu provinsi jawa tengah dan yogyakarta.