Tuesday, May 10, 2016

Paket Wisata Sewa Mobil Solo ke Desa Wisata Kliwonan, Edukasi Diri Lewat Membatik


Paket Wisata Sewa Mobil Solo ke Desa Wisata Kliwonan



Sewa mobil Solo memberikan paket wisata ke Desa Batik Kliwonan. Batik adalah kain tradisional yang sudah menjadi identitas Nusantara. Sebagai sentra produksi batik terbesar setelah Surakarta dan Pekalongan, Kabupaten Sragen mempunyai satu desa wisata yang menempatkan batik sebagai atraksi wisata utama yakni Desa Wisata Kliwonan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa batik tidak hanya berasal dari Surakarta, Yogyakarta, dan Pekalongan saja. Ada batik-batik yang dihasilkan oleh orang-orang pesisir. Bahkan, saudara kita di sisi Timur pun menghasilkan Batik Papua.

Kembali ke Sragen, ada dua kecamatan yang disebut sebagai sub sentra batik. Mereka adalah Kecamatan Masaran dan Kecamatan Plupuh. Letak keduanya berdekatan, hanya dipisahkan dengan Sungai Bengawan Solo. Kecamatan Plupuh terletak di sebelah utara Sungai Bengawan Solo sedangkan Kecamatan Masaran terletak di sebelah selatan.

Karena berada di pinggiran sungai, industri-industri batik di kawasan tersebut sering disebut sebagai Batik Girli “Pinggiran Kali”. Dari antara kawasan-kawasan di Sragen itu, sebagian besar pembatik tinggal di Desa Kliwonan. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan jasasewa mobil Solo .

Maka, tak heran bila kawasan tersebut menyumbang kuantitas produk batik terbesar. Inilah alasan mengapa masyrakat menyebut Desa Kliwonan sebagai sentra batik.
Pemerintah Kabupaten Sragen kemudian menetapkan Desa Wisata Kliwonan sebagai sentra batik dan menjadikannya kawasan wisata terpadu. Meskipun begitu, batik tetap menjadi  “jualan” utama kawasan pariwisata ini.
Desa Wisata Kliwonan telah ditetapkan menjadi pusat pemasaran batik, pengembangan keahlian pembatik, dan pelatihan membatik. Untuk keperluan wisata, Pemerintah Sragen telah menyediakan sarana publik dan infrastruktur memadai.


Salah satu langkah nyata pemerintah menjadikan desa Kliwonan sebagai desa pariwisata adalah mendukung warga menjadikan rumah mereka sebagai penginapan. Anda tidak hanya bisa melihat dan mempraktikkan sendiri proses membatik tetapi juga melihat keseharian pembatik dan masyarakat sekitarnya. Anda bahkan diperbolehkan terjun ke kolam pewarnaan batik. Unik, bukan?

Batik Sragen berbeda dengan Batik gaya Surakarta dan Yogyakarta. Perbedaan motif diketahui mencerminkan kepribadian orang dari daerah masing-masing. Misalnya saja, batik gaya Suraakrta biasanya mempunyai dasaran gelap dengan motif bernuansa putih.Sedangkanbatik Yogyakarta mempunyai dasaran putih dengan motif gelap atau hitam. Ini saling berkebalikan. Kedua gaya batik lebih kuat dalam mepertahankan motif gaya kraton.

Sementara itu, batik Klaten umumnya mempunyai warna cerah mencolok. Motif yang digunakan renggang-renggang tidak rapat-rapat seperti kedua gaya batik sebelumnya. Ornamen yang dipakai flora fauna dikombinasikan dengan motif baku.Ternyata, kepribadian warga Sragen memang pada dasarnya terbuka, tegas, dan blak-blakan.


Anda bisa membawa oleh-oleh batik dengan mengunjungi Sentra Bisnis Batik Sragen dan Galeri Batik Sukowati.Keduanya terletak di dekat kantor Pemerintah Kabupaten Sragen. Gunakan jasa Docar sewa mobil Solo untuk memberikan promo paket liburan ke Desa Wisata Kliwonan.